Psikologi Anak Dan Pola Pembelajarannya



BAB I Psikologi Anak Dan Pola Pembelajarannya

Psikologi anak menurut arti bebas adalah sebuah kajian keilmuan yang mempelajari masalah tumbuh kembang anak beserta perilaku-perilaku yang dihasilkan dari akibat tumbuh kembang anak tersebut, dari usia 0 tahun sampai anak berusia 12 tahun. Kajian psikologi akan dikaitkan dengan perilaku hidup, mental kecerdasan seseorang. Bila kita bicara masalah anak maka penulis disini lebih suka mengartikan psikologi anak berdasarkan per huruf yang melekat pada kata Anak Kecil: Anak, Nekat, Aman, Kreatif, Kompetitif, Emosional, Cerdas, Imitatif, Labil.
Jadi, lebih pada arah sifatnya atau perilakunya. Pada bab ini, tentang psikologi anak dan pola pembelajarannya, penulis buku tidak membahas bagaimana perkembangan anak tetapi topik pembahasannya adalah:
A.      Perilaku-perilaku anak
1.      Aktif, artinya anak tersebut selalu bergerak melakukan aktifitas yang produktif atau mencoba mengenali lingkungannya dengan melihat, mendengar, merasakan, dan melakukannya. Aktif merupakan sifat yang dimiliki oleh anak yang cerdas.
2.      Nekat, artinya sebuah keadaaan yang dilakukan oleh anak dimana anak dalam keadaan terdesak, tidak nyaman, kebutuhanya tidak terpenuhi dan tidak dapat menyelesaikan problem dirinya maka ia akan bertindak melawan.
3.      Aman, artinya titik lemah yang dimiliki oleh anak dimana ia sadar bahwa ia anak kecil lemah, yang perlu perlindungan dari orang yang lebih kuat.
4.      Kreatif, artinya banyak akal, maksudnya anak tersebut ada saja yang dikerjakan di dalam mengisi permasalahn keseharianya. Orang kreatif ketika melihat sesuatu yang menurutnya kurang pas maka ia akan mengotak-atiknya menjadi sesuatu yang menurut orang lain terlalu aneh bahkan memberi lebel anak perusak atau nakal.
5.      Kompetitif, artinya sifat anak untuk bersaing, tidak mau mengalah dan selalu minta nomer satu.
6.      Emosional, artinya sifat yang belum dapat mengendalikan diri, mudah tersinnggung, dan putus asa.
7.      Cerdas,  artinya anak tersebut mudah diajari, penurut, pembelajar.
8.      Imitatif, artinya anak suka meniru apa yang dia lihat, dan dia dengar dari lingkungannya, daya khayal atau imajinatif anak sangat bagus sehingga anak sering berbicara sendiri, atau dengan benda disekitarnya.
9.      Labil, artinya anak belum memiliki pendirian yang teguh, masih suka ikut-ikutan dan mudah terjebak pada satu hal yang menurutnya asyik dn fantastik.
B.  Cara belajar anak dari perilaku yang dihasilkan
1.      Pembentukan tipe anak dalam belajar
a)      Bila anak lebih banyak menggunakan potensi matanya maka modalitas belajarnya adalah visual.
b)      Bila anak lebih banyak menggunakan potensi telinganya maka modalitas belajarnya adalah auditorial.
c)      Bila anak lebih banyak mengunakan potensi gerak atau fisiknya, menyentuh, dan mencoba maka modalitas belajaranya adalah kinestetik.
d)     Bila anak lebih banyak menggunakan mata dan telinga maka modalitas belajarnya adalah visual auditorial.
e)      Bila anak banyak menggunakan mata, telianga, dan fisik maka modalitas belajarnya adalah visual auditori kinestetik.
2.      Menentukan gaya belajar anak modalitas belajar
Modalitas belajar adalah cara belajar seseorang, atau cara dan gaya seseorang dalam menyerap suatu informasi atau ilmu. Setiap anak memiliki gaya belajar yang khas dan berbeda antara satu dengan yang lain.
C.  Tipelogi anak
Cara menilai tipe perilaku anak yaitu amati perilaku anak, lihat penampilannya, berikan pertanyaan dan perhatikan jawabannya, berikan tugas, perhatikan  tanggapan dan cara penyelesaiannya, dan lain-lain.

Untuk Melanjutkan ke BAB II silahkan Klik di sini

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Psikologi Anak Dan Pola Pembelajarannya ini dipublish oleh Unknown pada hari Jumat, 27 April 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Psikologi Anak Dan Pola Pembelajarannya
 

0 komentar:

Posting Komentar

Hai...cari pengetahuan atau cari tugas?

Pengetahuan anda akan bertambah, tugas anda akan terselesaikan...
Silahkan Klik di Sini