ilmu yang bermanfaat

Dari hasil yang saya baca dari beberapa sumber ternyata tanda-tanda Ilmu yang bermanfaat jika dilihat dari pemilik Ilmu  adalah:

1. Orang yang bermanfaat ilmunya tidak peduli terhadap keadaan dan kedudukan dirinya serta hati mereka membenci pujian dari manusia, tidak menganggap dirinya suci, dan tidak sombong terhadap orang lain dengan ilmu yang dimilikinya.
2. Pemilik ilmu yang bermanfaat, apabila ilmunya bertambah, bertambah pula sikap tawadhu’, rasa takut, kehinaan, dan ketundukannya di hadapan Allah Ta’ala
3. Ilmu yang bermanfaat mengajak pemiliknya lari dari dunia. Yang paling besar adalah kedudukan, ketenaran, dan pujian. Menjauhi hal itu dan bersungguh-sungguh dalam menjauhkannya, maka hal itu adalah tanda ilmu yang bermanfaat.
4. Pemilik ilmu ini tidak mengaku-ngaku memiliki ilmu dan tidak berbangga dengannya terhadap seorang pun. Ia tidak menisbatkan kebodohan kepada seorang pun, kecuali seseorang yang jelas-jelas menyalahi Sunnah dan Ahlus Sunnah. Ia marah kepadanya karena Allah Ta’ala semata, bukan karena pribadinya, tidak pula bermaksud meninggikan kedudukan dirinya sendiri di atas seorang pun.


Dan dari hasil bacaan saya ternyata ada tiga Ilmu pengetahuan yaitu:
1. Ilmu tentang Allah, Nama-Nama, dan sifat-sifat-Nya serta hal-hal yang berkaitan dengannya. Contohnya adalah sebagaimana Allah menurunkan surat al-Ikhlaash, ayat Kursi, dan sebagainya
2. Ilmu mengenai berita dari Allah tentang hal-hal yang telah terjadi dan akan terjadi di masa datang serta yang sedang terjadi. Contohnya adalah Allah menurunkan ayat-ayat tentang kisah, janji, ancaman, sifat Surga, sifat Neraka, dan sebagainya.
3.  Ilmu mengenai perintah Allah yang berkaitan dengan hati dan perbuatan-perbuatan anggota tubuh, seperti beriman kepada Allah, ilmu pengetahuan tentang hati dan kondisinya, serta perkataan dan perbuatan anggota badan. Dan hal ini masuk di dalamnya ilmu tentang dasar-dasar keimanan dan tentang kaidah-kaidah Islam dan masuk di dalamnya ilmu yang membahas tentang perkataan dan perbuatan-perbuatan yang jelas, seperti ilmu-ilmu fiqih yang membahas tentang hukum amal perbuatan. Dan hal itu merupakan bagian dari ilmu agama.

Alhmdllah, demikianlah pengetahuan saya dari berbagai sumber menurut versi'a yang mungkin masih banyak manfaat dari Ilmu dan macam-macam Ilmu di mana dan pada posisi apa kita mengatakan itu..
selalu semangat menuju yang terbaik..

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel ilmu yang bermanfaat ini dipublish oleh Unknown pada hari Kamis, 19 Mei 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 2 komentar: di postingan ilmu yang bermanfaat
 

2 komentar:

  1. maju terus bos mencari ilmu bisa berbagi dengan kita semua bos. tukar ilmu tentang teknik informatika disini bos
    www.sharingbareng.com
    http://omahweb-jasapembuatanweb.blogspot.com/

    www.netsoftkreasindo.com
    www.thenetcafe.com

    BalasHapus
  2. iyah... selagi nafas belum berhenti dan hentakan kaki masih mampu untuk maju... maka lanjutkan perjuangan itu...

    BalasHapus

Hai...cari pengetahuan atau cari tugas?

Pengetahuan anda akan bertambah, tugas anda akan terselesaikan...
Silahkan Klik di Sini